Cara Aman Menghindari Resiko Bisnis di tengah Dampak Pandemik

Cara Aman Menghindari Resiko Bisnis di tengah Dampak Pandemik

Di tengah kondisi yang serba tidak menentu, para pebisnis menghadapi dilema yang sama: bagaimana caranya mempertahankan bisnis. Tentu saja, pertanyaan ini sudah terbersit sejak awal namun banyaknya opsi (serta resiko) di depan mata membuat tidak sedikit pengusaha bimbang untuk mengambil langkah.

Dilansir dari pemberitaan media, Kementerian Tenaga Kerja telah melaporkan bahwa setidaknya hampir 2 juta orang yang dirumahkan dan di-PHK sebagai dampak merebaknya wabah Covid-19. Keputusan tersebut barangkali menjadi alternatif yang diambil sebagai langkah terbaik saat ini.

Tidak menutup kemungkinan, para pengusaha juga memiliki kekhawatiran lain, yaitu bagaimana dengan pekerjaan, proyek atau order yang perlu dilaksanakan/diselesaikan dalam hal pelaksanaan suatu perjanjian? Di tengah sulitnya mempertahankan kondisi keuangan, ditambah lagi dengan beban pekerjaan yang belum atau sulit terlaksana. Bagaimana sebaiknya langkah yang diambil oleh para pengusaha?

Di saat seperti inilah penting untuk memperhatikan isi klausul dalam setiap kontrak / perjanjian. Para pengusaha, terutama dalam hal ini adalah pejabat eksekutif (manajemen), wajib memahami persis cakupan prestasi dan kontra prestasi, termasuk kondisi-kondisi yang mempengaruhi pelaksanaannya. Contohnya, apakah diatur suatu keadaan atau kondisi dimana salah satu Pihak tidak bisa melaksanakan isi perjanjian dikarenakan keadaan tertentu, dan jika ada, apa saja persyaratannya.

Dari pemahaman dan penafsiran yang baik terhadap isi Perjanjian, maka pengusaha dapat melihat dan menganalisa apakah, di tengah-tengah wabah Covid-19 ini, otomatis setiap perjanjian masuk dalam keadaan Force Majeure? Dan bagaimana jika ada kerugian yang timbul di masa-masa sekarang, apakah menjadi tanggungan salah satu pihak, atau dapat dimintakan ganti rugi kepada pihak lainnya. Sehingga, setidaknya pengusaha dapat ‘jujur’ melihat keadaan yang terdampak seperti terjadi saat sekarang.

Kami, sebagai salah satu konsultan hukum yang memiliki pengalaman luas menangani berbagai kasus berkaitan kontrak, dapat membantu dan memberikan advis hukum kepada para pengusaha untuk, setidaknya, mempertahankan bisnis, dan menghindari resiko bisnis. Selain itu, kami juga dapat membantu melakukan negosiasi, baik mewakili ataupun turut serta mendampingi perusahaan dalam hal menyelesaikan perselisihan perjanjian.

 

Membutuhkan bantuan kami? Hubungi IHW Lawyers di 0812-1203-9060 atau tanya@imamhw.com

 

× How can I help you?