Cara Mempertahankan Rumah Tangga Dari Perceraian

Cara Mempertahankan Rumah Tangga Dari Perceraian

Cara Mempertahankan Rumah Tangga Dari Perceraian

 

Tidak ada satupun pasangan di dunia ini yang ingin rumah tangganya berada di ambang perceraian. Meskipun tidak dapat dipungkiri banyak permasalahan rumah tangga yang bisa memicu pertengkaran hebat dan juga perselisihan. Sehingga bisa memicu terjadinya perceraian. Apabila sudah begini, maka sepasang suami istri harus berusaha mempertahankan rumah tangga mereka.

 

Mempertahankan rumah tangga yang sudah berada di ujung tanduk memanglah tidak mudah. Namun, bukan berarti mempertahankan rumah tangga yang sudah dibangun dengan susah payah adalah hal yang mustahil. Masih ada banyak cara yang bisa anda tempuh untuk menghindari perceraian.

 

Terlebih lagi ketika mengacu pada UU nomor 1 tahun 1974 yang mengatur tentang perkawinan, dapat disimpulkan bahwa proses terjadinya perceraian akan dipersulit. Dan, apabila anda menghendaki terjadinya perceraian maka anda harus memiliki alasan-alasan tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan, serta harus dilakukan di depan sidang pengadilan.

 

Apabila anda sedang mencari cara untuk mempertahankan biduk rumah tangga anda, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Nah, beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut di bawah ini:

 

Hindari Pertengkaran di Tempat Umum

Cara mempertahankan rumah tangga dari perceraian yang pertama yang bisa anda lakukan adalah berupaya untuk menghindari konflik di tempat umum. Tak jarang sepasang suami istri menghendaki terjadinya perceraian karena pasangan mereka sering mengajak bertengkar di tempat umum atau di depan publik.

 

Meskipun terlihat sepele, bertengkar di depan umum adalah salah satu hal yang sebisa mungkin harus anda hindari, apabila anda ingin rumah tangga anda aman dan tenteram. Jadi, usahakanlah untuk tidak bertengkar di tempat umum, ataupun di depan keluarga dan juga teman anda.

 

Namun, apabila argumen memang sudah tidak bisa dihindari lagi dan anda sedang berada di tempat umum, maka anda bisa mencoba mengajak pasangan anda berbicara baik-baik. Jangan sampai amarah anda dan pasangan meledak di tempat umum.

 

Terlebih lagi, apabila mengacu pada Peraturan Pemerintah No 9 tahun 1975, dapat disimpulkan bahwa sepasang suami istri bisa mengajukan perceraian apabila sering terjadi perselisihan dan juga pertengkaran dalam rumah tangga mereka. Khususnya bagi mereka yang sudah tidak memiliki harapan lagi untuk bisa hidup rukun dalam rumah tangga.

 

Jadi, untuk menghindari kemungkinan perselisihan dan juga pertengkaran tiada henti yang bisa terjadi pada rumah tangga anda, dan yang bisa berujung dengan perceraian, maka anda sebisa mungkin harus menghindari konflik, terutama konflik yang terjadi di tempat umum.

Antara suami dan istri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

 

Luangkan Waktu Bersama

Meluangkan waktu bersama pasangan sangatlah penting anda lakukan. Hal ini karena meluangkan waktu bersama pasangan anda bisa membuat hubungan anda semakin harmonis. Tidak hanya itu saja, menghabiskan waktu bersama pasangan anda ternyata juga bisa memperbaiki kualitas komunikasi anda bersama pasangan anda.

 

Waktu yang kurang bersama pasangan tak jarang bisa menimbulkan pertengkaran dalam sebuah rumah tangga. Kurangnya waktu yang anda habiskan bersama pasangan anda juga bisa memicu pasangan anda merasa kesepian, kurang kasih sayang, dan juga membuat pasangan anda merasa diabaikan.

Hal-hal seperti inilah yang bisa menyebabkan pasangan anda menghendaki perceraian. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka anda bisa mencoba meluangkan waktu anda untuk pasangan. Anda bisa pergi liburan, bermain bersama, membaca bersama, atau bahkan hanya sekedar mendengarkan keluh kesah pasangan anda.

 

Dengan meluangkan sedikit lebih banyak waktu untuk pasangan anda, maka anda sudah berusaha untuk mempertahankan rumah tangga anda. Terdengar sangat sepele memang, namun percayalah efeknya akan luar biasa apabila anda lakukan. Jangan biarkan pasangan anda merasa sendiri.

 

Luangkan Waktu Untuk Berkencan

Menjalani biduk rumah tangga bersama pasangan anda memang jauh berbeda dengan masa-masa pacaran dahulu. Ada banyak pasangan yang sudah menikah terlanjur nyaman dengan kehadiran satu sama lain di rumah. Karena hal ini, masing-masing individu justru malah terlena dengan kegiatan serta pekerjaan masing-masing.

 

Tak jarang hal seperti inilah yang bisa menyebabkan hubungan rumah tangga menjadi biasa saja dan malah cenderung hambar. Jika dibiarkan berlalu begitu saja, maka bisa menimbulkan keretakan bagi rumah tangga anda. Nah, untuk menyiasatinya anda bisa mencoba untuk kembali berpacaran dengan pasangan anda.

 

Hidupkan kembali gairah dalam rumah tangga anda seperti ketika anda masih pacaran. Karena meskipun anda sudah menikah, ikatan cinta yang suci serta ikatan batin yang kuat pun harus tetap anda bangun dan pelihara dengan baik hingga masa tua anda.

 

Pisahkan Uang Masing-Masing

Masalah keuangan juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan pertengkaran yang pada akhirnya bisa memicu perceraian. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan pertengkaran karena keuangan, maka ada baiknya apabila anda tidak mencampur uang anda dengan yang pasangan anda.

 

Jadi, apabila anda bekerja dan memiliki uang sendiri maka anda bisa menyimpan uang anda sendiri. Namun, anda juga harus membedakan manakah yang yang akan digunakan untuk keperluan anak dan juga keperluan untuk rumah tangga anda.

 

Hargai dan Akui Perasaan Satu Sama Lain

Ketika pasangan anda mengajak anda bercerai, anda tidak perlu merasa panik. Meskipun hal tersebut memanglah wajar dan sangatlah normal. Akan tetapi, anda juga tidak serta merta harus membiarkannya terjadi begitu saja.

 

Meskipun terkadang pasangan anda terlihat ingin menyerah dan terkadang secara tiba-tiba bersikap ambivalen tentang hidup bersama anda. Namun, bisa saja secara mengejutkan ketika anda dan pasangan sudah menemukan akar dari masalah serta sudah mencapai titik tentang dari masalah tersebut, segalanya berubah menjadi terbalik. Pasangan anda bisa saja mengingat bagaimana anda dan dia saling mencintai dan akhirnya memutuskan untuk tetap bersama.

 

Oleh karena itu, ketika pasangan anda mengajak bercerai, anda harus berani mengakui keinginan pasangan anda tersebut. Mungkin anda akan merasa berat, dan juga kalah. Namun, anda juga perlu menyadari bahwa tindakan tersebut merupakan salah satu tindakan yang sangatlah powerful.

 

Dengan berani melakukan tindakan tersebut, maka anda bisa mengakui dan menyadari bahwa memang selama ini ada yang salah dalam hubungan anda dan pasangan.

 

Mungkin tanpa anda sadari, selama ini anda kurang memperhatikan pasangan, kurang peka, kurang bersikap baik, dan begitupun sebaliknya. Walaupun sebenarnya anda tidak setuju dengan pernyataan atau keinginan pasangan anda, namun mengakui apa yang dia rasakan adalah salah satu hal yang memiliki sampai besar bagi keberlangsungan keutuhan rumah tangga anda.

 

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya proses perceraian adalah proses yang sulit dan harus ada alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan ketika ingin mengajukan perceraian. Oleh karena itu, ada baiknya anda tetap berusaha untuk mempertahankan rumah tangga anda yang sudah payah telah anda bangun. Sebagai referensi anda bisa mencoba beberapa tips mempertahankan rumah tangga seperti yang telah tertulis di atas.

 

Anda butuh konsultasi atau jasa hukum keluarga untuk mengurus masalah perceraian? Anda dapat menghubungi IHW di telepon 0812-1203-9060 atau email di tanya@imamhw.com atau info@ihwlawyer.com untuk mendapatkan jasa pengacara yang profesional, amanah dan berpengalaman di bidangnya.

 

Jangan biarkan permasalahan hukum yang Anda hadapi mengurangi ketenangan hidup Anda!

 

× Ada yang dapat kami bantu?