Enam Alasan Kenapa Harus Menggunakan Jasa Pengacara Perceraian

Perceraian, di satu sisi memang bisa menjadi solusi bagi pasangan suami-istri yang memang sudah buntu dalam membangun keluarga harmonis. Tapi di sisi lain, perceraian juga bisa berdampak pada aspek kehidupan yang lain. Pada sisi bisnis milik suami atau istri misalnya.

Hal ini misalnya terjadi pada seorang perempuan muda pebisnis sepatu wanita yang produknya laris manis di instagram. Setelah merintis sejak 2015 dan mendulang sukses besar pada akhir 2018, sosok ibu muda itu terpaksa mengumumkan kebangkrutan usahanya pada pertengahan 2019. Puluhan karyawannya telah di-PHK karena ia tak sanggup menggaji lagi. Ia juga berniat menjual semua sisa produk sepatunya demi menutup utang kepada bank.

Di instagramnya, perempuan muda itu mengaku bahwa perceraian yang ia hadapi telah menguras banyak energi sehingga ia tidak bisa menunjukkan kinerja yang bagus pada pekerjaannya.

Oleh karena bisa berdampak pada bisnis yang dijalani, Anda yang sudah bulat memutuskan bercerai harus memikirkan bagaimana agar proses perceraian tidak menghambat bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan menunjuk pengacara perceraian untuk mengurus proses perceraian.

Dengan menunjuk pengacara perceraian yang berpengalaman, profesional dan amanah, Anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan proses perceraian dan persidangan yang Anda mungkin belum pernah pahami. Semua akan ditangani oleh pengacara perceraian. Sehingga Anda tetap bisa fokus pada bagaimana melanjutkan bisnis dan kehidupan Anda selanjutnya.

Memang pada beberapa perkara ada beberapa orang yang melanjutkan proses perceraian tanpa bantuan pengacara perceraian. Itu mungkin bisa terjadi pada beberapa situasi yang bisa dibilang sederhana. Tapi pada banyak perkara, terutama yang menyangkut sengketa hak asuh anak dan sengketa gono-gini, keberadaan pengacara perceraian terasa menjadi sangat penting.

Berikut adalah alasan-alasan mengapa seseorang harus mempertimbangkan untuk menyewa pengacara selama proses perceraian.

 

  1. Nasihat seorang ahli

Seorang pengacara yang berpengalaman dapat membantu seseorang untuk memastikan menerima semua yang dia layak dapatkan selama perceraian. Karena ternyata banyak orang yang masih belum tahu hak-haknya secara hukum ketika terjadi perceraian. Misalnya saja, hak mantan istri –pada kondisi-kondisi tertentu- untuk mendapatkan sepertiga gaji mantan suaminya yang berstatus PNS. Jika pernikahan Anda memiliki masalah rumit untuk diselesaikan, seorang pengacara perceraian dapat menjadi sumber daya yang tak ternilai untuk melindungi kepentingan Anda dalam perceraian.

 

  1. Mengurangi stres

Perceraian adalah saat yang menegangkan bagi semua orang yang terlibat. Menunjuk pengacara perceraian untuk menyelesaikan perceraian adalah salah satu cara untuk mengurangi tekanan dalam proses perceraian. Sementara pengacara perceraian perlu mengumpulkan informasi dari Anda, ia akan mengurus secara hukum proses perceraian, memberi Anda lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri, keluarga dan termasuk bisnis Anda.

 

  1. Menghindari Kesalahan

Ada dua alasan utama mengapa orang membuat kesalahan ketika menyelesaikan perceraian mereka sendiri: sistem hukum dan prosedurnya rumit serta tekanan perceraian membuatnya sulit berpikir jernih. Sistem hukum dan prosedur misalnya. Bagi Anda yang beragama Islam harus tahu ke pengadilan mana gugatan perceraian diajukan. Ditambah lagi adanya perbedaan bagi suami maupun istri yang akan mengajukan gugatan perceraian.

Sedangkan bagi Anda yang non muslim, proses perceraian Anda belum selesai walaupun hakim sudah menjatuhkan putusan. Dengan adanya pengacara perceraian, Anda dapat yakin bahwa kasus Anda sedang ditangani dengan benar dan Anda dapat menghindari kesalahan mahal yang mungkin Anda sesali seumur hidup Anda.

 

  1. Perjanjian yang Jelas dan Mengikat

Ada beberapa perkara dimana pasangan sudah sama-sama bersepakat memutuskan bercerai, termasuk bersepakat mengenai hak asuh anak, nafkah anak, nafkah dalam masa iddah, hingga pembagian gono-gini. Tak jarang kesepakatan itu dituangkan dalam sebuah perjanjian tertulis. Dengan adanya pengacara perceraian yang mendampingi, Anda dapat lebih yakin bahwa kesepakatan yang telah dibuat itu tidak mengurangi atau merugikan hak Anda. Selain itu keberadaan pengacara perceraian dapat membantu memastikan bahwa perjanjian itu tidak menyalahi hukum sehingga bisa ditegakkan.

 

  1. Menghindari Penundaan

Memang betul Anda dapat mencari sendiri contoh gugatan melalui internet atau dengan bertanya ke pengadilan. Tapi sekali lagi, hal itu sangat tidak disarankan karena pada prinsipnya setiap kasus memiliki karakteristik tersendiri. Masalah orang lain belum tentu sama dengan masalah Anda. Sehingga Anda tidak bisa hanya mengandalkan format dokumen gugatan yang Anda dapatkan.

Jika Anda nekat melanjutkannya, Anda juga harus siap dengan konsekuensi bahwa Anda disarankan untuk memperbaiki gugatan Anda. Ini artinya waktu perceraian Anda terancam menjadi mundur alias tertunda. Dengan menyewa seorang pengacara, seseorang dapat menghindari dokumen atau masalah lain yang dapat menyebabkan penundaan dan menyelesaikan perceraian secepat mungkin.

 

  1. Menjembatani komunikasi

Saat dalam proses perceraian, komunikasi antara suami dan istri biasanya menjadi sangat terhambat. Keduanya sulit berbicara dengan kepala dingin. Keberadaan pengacara perceraian dapat menjembatani komunikasi antara para pihak yang akan bercerai dalam membicarakan segala kesepakatan yang ingin dicapai. Misalnya, harta gono gini/harta bersama, hak nafkah selama masa iddah, mut’ah/hadiah untuk mantan istri, hak asuh dan nafkah anak, serta hal-hal penting lainnya.

Akhirnya ketika badai menghantam bahtera perkawinan, pikirkan dan pertimbangkan secara matang solusi yang tepat. Jika memungkinkan, hindarilah perceraian. Namun jika perceraian ternyata adalah langkah satu-satunya, jangan terlalu lama larut dalam kesedihan. Anda tetap harus produktif karena hidup harus terus berjalan.

Membutuhkan bantuan pengacara perceraian yang profesional, amanah dan berpengalaman? Anda dapat menghubungi IHW di telepon 0812-1203-9060 atau email di tanya@imamhw.com.

Jangan biarkan permasalahan hukum yang Anda hadapi mengurangi ketenangan hidup Anda.

 

× How can I help you?